Manajemen Proyek dan Perencanaan Proyek

Manajemen Proyek dan Perencanaan Proyek

Menurut situs kelompok pengguna manajemen proyek adalah kegiatan yang melibatkan bagian proyek yang direncanakan menjadi urutan logis. Proyek ini kemudian dikelola sehingga sebuah proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran. Manajemen proyek dapat digunakan untuk pengembangan produk atau layanan baru. Wmotion.co.id menyediakan aplikasi manajemen proyek untuk membantu anda dalam mengumpulkan informasi yang dibutukan pada proyek anda.

Definisi

Sebuah proyek harus didefinisikan sehingga tim proyek bekerja sama sebagai kelompok kohesif dan sehingga orang-orang yang mengalokasikan sumber daya untuk proyek mengetahui apa yang diharapkan. Menurut situs Spotty Dog, definisi proyek mencakup menguraikan apa tujuan proyek ini dan manfaat apa yang akan diperoleh dari proyek tersebut. Komponen lainnya adalah menentukan ruang lingkup proyek. Lingkup proyek mengidentifikasi apa yang akan dan tidak akan disertakan dalam sebuah proyek. Misalnya, jika ada proyek untuk mempelajari efisiensi perusahaan manufaktur dengan lokasi di seluruh dunia, cakupan proyek dapat didefinisikan hanya dengan mempelajari efisiensi lokasi.

Pendekatan

Daftar langkah-langkah untuk menyelesaikan langkah-langkah dalam sebuah proyek harus dikembangkan dengan perkiraan tanggal mulai dan akhir untuk setiap langkah. Selain itu, penyampaian untuk setiap langkah harus diperhatikan. Sebuah deliverable adalah hasil dari sebuah langkah. Misalnya, jika sebuah langkah untuk melaporkan temuan dan rekomendasi, penyampaian langkah tersebut akan menjadi temuan dan laporan rekomendasi. Selain tugas, hubungan timbal balik masing-masing tugas ke tugas lainnya harus ditentukan. Misalnya, jika dimulainya satu tugas tergantung pada penyelesaian yang lain yang harus diperhatikan. Konsep penting lainnya dalam memetakan tugas adalah konsep jalur kritis. Menurut situs Project Management Knowledge, jalur kritis adalah urutan tugas yang sama dengan kerangka waktu kalender untuk penyelesaian kalender proyek. Seorang manajer proyek memperhatikan dengan cermat tugas-tugas yang berada di sepanjang jalur kritis karena jika ada tugas yang tertunda, lebih banyak waktu kalender yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.

Staf

Bagian dari kepegawaian sebuah proyek adalah pemilihan sponsor proyek. Sponsor proyek adalah eksekutif tingkat senior yang memastikan bahwa proyek tersebut diterima oleh pihak lain di organisasi tersebut, menangani masalah politik apa pun yang muncul dan memperjuangkan proyek tersebut dengan orang lain di dalam organisasi. Orang-orang yang ditugaskan ke sebuah proyek sangat penting untuk kesuksesannya. Seorang manajer proyek harus dipilih yang sangat terorganisir, memiliki keterampilan orang untuk mengelola anggota tim dan memiliki cukup pengetahuan teknis tentang bidang yang ditangani proyek untuk memahami rencana proyek dan kegiatan yang sedang berjalan. Anggota tim proyek harus dipilih berdasarkan keterampilan yang dibutuhkan – misalnya, untuk proyek pengembangan perangkat lunak, anggota staf yang berpengalaman dalam pengujian perangkat lunak dan kontrol kualitas akan dibutuhkan.

Manajemen Proyek dan Perencanaan Proyek

Kontrol Proyek

Untuk mengendalikan proyek secara efektif, satu alat yang sering digunakan adalah perangkat lunak manajemen proyek. Perangkat lunak ini melacak penyelesaian tugas proyek yang direncanakan dan aktual dan dampak tugas akhir pada keseluruhan penyelesaian proyek. Perangkat lunak seperti itu sering melacak biaya aktual terhadap biaya yang direncanakan juga.

Kunjungi situs web kami untuk memesan aplikasi menajemen proyek anda di http://wmotion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *