Apakah Benar PageRank Google Sudah Lenyap?

Bulan april 2016 lalu merupakan bulan yang sangat heboh bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan Jasa SEO murah khususnya. Berbagai website dan blog ternama, mastah SEO banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. Search Engine Land menyebutkan bahwa hari jumat 15 april 2016, Google Pagerank lenyap dari Google Toolbar.

Apakah Benar PageRank Google Sudah Lenyap

Google Page Rank telah menjadi patokan penting untuk menilai kualitas sebuah website selama bertahun-tahun. Dan untuk bisa mencapai PR 10 dalam skala 1-10 adalah suatu yang sangat mustahil mengingat bahwa angka 10 hanyalah bisa dicapai oleh website-website besar seperti Google sendiri dan Facebook sebagai contohnya.

Secara SEO, PR yang lebih baik akan sangat membantu suatu website untuk di crawl oleh robot algoritma Google dimana untuk pengindeksan dengan lebih cepat dibandingkan website yang tidak memilik PR sama sekali. Pentingnya PR ini bagi mastah SEO adanya unsur seperti seberapa banyak website besar yang memberikan backlink ke suatu website. Dalam hal ini berkaitan dengan kualitas konten dalam website yang bersangkutan. Untuk website dan domain yang baru dibuat, hal ini tentunya memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan PR ini. Makanya, banyak pemilik atau pengelola website (webmaster) yang memberikan komentar pada bagian komentar artikel yang ada di website besar dengan meninggalkan jejak backlinknya ke website tersebut dengan harapan mendapatkan PR dengan cepat dari berbagai website besar.

Menyadari hal ini, menurut Mas Hendri mastah seo dari jayaseo.com, dikenal sebagai SEO ninja Indonesia “ banyak berbagai website besar akhirnya mengaktifkan atribut no follow on links karena mereka juga tak ingin upaya backlink menurunkan kualitas pagerank mereka sendiri”. Perlu di ingat bahwa PR bukanlah segalanya dalam menapaki rangkin yang lebih tinggi dalam hasil pencarian do Google, karena begitu banyak faktor lain yang ikut mengambil peran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *