Apa Pentingnya Bermain Gratis?

Apa Pentingnya Bermain Gratis?

Salah satu manfaat mainan playground tanpa banyak struktur adalah bahwa anak-anak didorong untuk berpikir sendiri dan untuk menghasilkan ide-ide kreatif. Tanpa orang dewasa yang memberi tahu mereka aturan permainan, atau cara bermain, anak-anak bebas untuk mendapatkan ide mereka sendiri dan berlatih memecahkan masalah. Misalnya, jika aktivitas bermain hanya memiliki tempat untuk dua anak dan tiga anak mencoba bermain bersama, instruktur dapat muncul dengan resolusi dalam mainan anak playground terstruktur. Dalam permainan bebas, anak-anak mungkin perlu mengembangkan solusi unik, seperti memiliki satu anak bertindak sebagai narator untuk adegan bermain yang mereka tunjukkan. Karena anak-anak dalam permainan bebas mungkin tidak meminta bantuan orang dewasa, mereka harus mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan tantangan yang mereka hadapi sendiri. Ini mendorong anak-anak untuk belajar dan tumbuh sendiri, tetapi pengawasan yang ketat memungkinkan seorang dewasa untuk campur tangan jika ada solusi mereka datang dengan melanggar aturan atau pedoman keselamatan tempat bermain.

Sementara permainan terstruktur memiliki aturan yang jelas dan biasanya sistem penghargaan untuk mendorong persaingan, permainan gratis mendorong anak-anak untuk mengembangkan aturan dan penghargaan itu sendiri; anak-anak bebas membuat aturan dan permainan mereka sendiri. Daripada menggunakan slide sebagai slide, misalnya, mereka dapat membuat permainan mereka sendiri yang melibatkan permainan imajiner. Geser bisa menjadi benteng atau menara di kastil dan anak-anak menuruni seluncuran ketika mereka perlu mempertahankan benteng mereka dari seekor naga yang menyerang.

Salah satu cara bermain anak mendorong kreativitas adalah dengan meminta anak-anak untuk memanggil pengalaman masa lalu dan menggunakannya dengan cara-cara baru. Jika seorang anak telah belajar di kelas untuk berteman dengan mengajukan pertanyaan, misalnya, mereka dapat memulai interaksi dengan pemain baru di taman bermain dengan mengajukan pertanyaan. Pemikiran di luar kotak ini mendorong anak-anak untuk membangun pengalaman mereka. Ketika mereka mempelajari keterampilan ini, mereka belajar untuk mengadaptasi kreativitas ke berbagai lingkungan, termasuk ruang kelas.

Tanpa aktivitas terstruktur yang ditentukan oleh orang dewasa, anak-anak harus bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah dan bermain bersama. Dengan permainan yang terstruktur, orang tua dan orang dewasa lainnya dapat mendorong anak-anak untuk bekerja sama dan bergaul. Tanpa masukan orang tua ini, anak-anak harus memutuskan sendiri cara bekerja sama dan bagaimana bekerja bersama. Apakah mereka mencoba untuk belajar bagaimana mendaki sisi pendaki atau mencari tahu cara membuat stasiun kerja bekerja, tanpa masukan orang dewasa, anak-anak cenderung bekerja sama untuk mendapatkan ide. Tentu saja, orang dewasa yang mengawasi dapat masuk untuk mengingatkan anak-anak tentang pedoman bermain dan memastikan bahwa semua orang tetap aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *